Selasa, 07 Oktober 2014

Contoh Laporan peristiwa

Industri Rumahan Pembuatan Rengginang

            Salah satu warga di Kecamatan Glenmore tepatnya di Desa Sepanjang terdapat industri rumahan pembuatan rengginag. Ibu ninik lah yang memproduksi rengginang ini. Hampir setiap dua hari seklai Ibu Ninik memproduksi rengginang.
            Tahapan membuat rengginang cukup memakan waktu lama karena tergantung panas matahari. “Tahapan pembuatan rengginang tidak banyak, hanya melalui tiga tahap yaitu proses pemasakan bahan utama, pencetakan dan pengeringan,” ungkap Ibu Ninik, Selasa [30/9].
            Pada tahap pertama ini membutuhkan waktu sekitar satu jam. Bahan utama yang digunakan untuk pembuatatan rengginang adalah ketan. Ibu Ninik membutuhkan ketan sebanyak 15 Kg setiap kali membuat rengginang. Ketan yang sudah ada itu, biasanya dikukus sekitar satu jam lebih. Sambil menunggu ketan hingga matang, Ibu Ninik menyiapkan bumbu-bumbu yang terdiri dari bawang putih, terasi, garam dan penyedap rasa untuk dicampurkan pada ketan.
            Setelah ketan matang, bumbu dicampurkan dan diaduk sampai benar-benar rata. Proses kedua ialah proses percetakan,  pada proses ini beliau memerlukan waktu agal lama karena mengerjakannya sendiri.
            Proses ketiga ialah proses pengeringan akan berjalan lancar jika cuaca panas. Jika cuaca benar-benar panas, pengeringan hanya membutuhkan waktu 1 hari. Tetapi jika cuaca tidak terlalu mendukung pengeringan membutuhkan 2-3 hari.
            Rengginang-rengginang yang sudah siap, akan dibungkus dengan berat ½ hingga 1 Kg. setelah semuanya rengginang sudah siap, beliau biasanya memasarkannya ke pasar dengan menitipkan di lapak-lapak yang ada di pasar.

0 komentar:

Posting Komentar